Mungkin sebagian kita masih bertanya-tanya sebuah konsep
dasar mengenai "Apa Itu SEO? Dan Mengapa Kita Membutuhkannya?" Ada banyak
sekali blogger atau mungkin webmaster yang sudah berkecimpung di dalam bidang
online, masih bingung dan masih belum bisa memahami sebuah konsep dasar
mengenai SEO.
Untuk alasan di atas, pada artikel ini saya akan mencoba
untuk menjelaskan konsep dasar mengenai SEO. Dan disini juga saya akan mencoba
menjawab tiga pertanyaan dasar yang saling terintegrasi terkait dengan hal
tersebut.
Apa Itu SEO?
Bagaimana Mesin Pencari Sebenarnya Bekerja?
Mengapa Kita Membutuhkan SEO?
Secara Teknis, Search Engine Optimization merupakan sebuah
pengetahuan yang mempunyai tujuan akhir untuk membuat sebuah situs online
menjadi search engine friendly. Pada saat ini, mensin pencari sudah sangatlah
pintar sekali dengan didukung dengan algoritma yang kompleks sehingga mampu
untuk menjawab segala pertanyaan yang ditanyakan kepadanya.
Namun anda juga bisa menyangkal pendapat saya di atas jika
anda mempunyai sebuah alasan yang bisa dilogika. Tapi mengapa kita masih
membutuhkan SEO? Mesin pencari bisa memberikan jawaban dengan kerjanya sendiri,
namun kenapa kok masih perlu bantuan kita untuk melakukan sebuah teknik SEO?
Iya memang mesin pencari cukup cerdas untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan kepadanya, namun alasannya tidak seperti
yang ada dalam fikiran kita, jadi bacalah postingan ini sampai selesai untuk
menyimpulkannya sendiri.
Bagaimana Mesin Pencari Bekerja?
Salah satu dasar yang harus kita ketahui sebelum melakukan
teknik SEO adalah mengetahui bagaimana sebenarnya mesin pencari bekerja. Kenapa
harus belajar ini? Karena pada dasarnya ketika kita melakukan teknik SEO kita
tidak boleh melupakan bahwa singkatan dari SE sendiri adalah Search Engine
(Mesin Pencari) maka dari itu kita harus memahami konsep dasarnya terlebih dahulu
untuk menentukan langkah apa yang ingin kita ambil selanjutnya.
Pada dasarnya, mesin pencari melakukan dua tugas besar yang
dominan. Yang pertama adalah indexing dan yang kedua adalah memberikan sebuah
jawaban ketika ada orang yang memasukkan sebuah kueri atau sebuah kata atau
frasa tertentu.
Crawling dan Indexing
Jika kita artikan ke dalam bahasa Indonesia crawling dan
indexing ini akan menjadi merayapi dan membuat sebuah indeks. Seperti yang kita
ketahui secara umum sebuah mesin pencari mempunyai spiders (Laba-laba perayap)
atau sering juga disebut bot (Mesin perayap). Mesin perayap inilah yang
nantinya akan menelusuri setiap sudut dari halaman website.
Indeks yang akan dicari bisa berupa sebuah halaman website,
gambar, video, ataupun file-file lainnya yang dirasa olehnya itu penting. Dari
setiap halaman tersebut saling dihubungkan oleh sebuah link yang dalam istilah
teknisnya biasa disebut dengan Hyperlinks.
Hyperlinks ini akan berperan sebagai sebuah jembatan dimana
bisa digunakan oleh pengunjung ataupun crawlers untuk menemukan sebuah halaman
web. Kita bisa saja untuk menghalangi mesin pencari ataupun crawlers untuk
menemukan halaman web yang kita buat. Namun untuk saat ini kita tidak akan
mendalami mengenai bahasan tersebut. Karena saat ini lebih baik untuk memahami
bagaimana cara kerja mesin pencari.
Jadi pada dasarnya crawler dari mesin pencari sendiri akan
merayapi seluruh halaman web dan mebuat sebuah indeks. Nah, ketika ada
seseorang memasukkan sebuah kata kunci atau bertanya mengenai sesuatu di mesin
pencari, maka mesin pencari akan menggunakan indeks yang sangatlah besar ini
untuk memberikan sebuah jawaban yang relevan.
Memberikan Sebuah Jawaban
Sistem kerja sebuah mesin pencari yang kedua setelah membuat
sebuah indeks adalah memberikan jawaban atas pertanyaan yang diberikan
kepadanya. Sepertinya pekerjaan ini sangat simple sekali, namun kenyataannya
sungguh sangat berbeda. Mungkin akan sangatlah simple ketika jawaban yang
diberikan atas sebuah pertanyaan jumlahnya sedikit. Namun pada kenyataannya
jawaban yang diberikan (hasil pencarian) adalah sangat banyak sekali bahkan
sampai jutaan yang tulisan yang muncul ketika kita menuliskan sebuah kalimat di
mesin pancari.
Dengan kata lain, sebuah mesin pencari harus bisa menyajikan
hasil pencarian yang mempunyai dua unsur yaitu relevansi dan popularity.
Relevansi
Dalam mengurutkan hasil pencarian yang diberikan, aspek yang
pertama dipertimbangkan oleh mesin pencari adalah relevansi. Karena pasti akan
ada hasil yang sangatlah banyak yang akan muncul, namun untuk urutan hasil dari
pencarian akan didahulukan konten yang paling relevan menurut mesin pencari.
Misalkan saja ketika anda memasukkan kalimat
"Blackberry yang paling murah", Kemudian hasil yang keluar adalah
"album terbaru dari ungu", apakah ini bisa dibilang relevan?
Berterima kasihlah kepada mesin pencari karena dia tidaklah sebodoh itu dalam
hal memberikan jawaban. Dan ketika kita mencari "Blackberry yang paling
murah" pun masih banyak sekali hasil yang relevan. Namun mesin pencari
bisa memfilter "Mana yang paling relevan atau minimal mana yang paling
mempunyai kualitas" .
Untuk memberikan sebuah hasil penelusuran yang paling
relevan dan berkualitas, mesin pencari akan memberikan titik berat dalam hal
relevansi.
Popularitas
Relevansi saja sebagai sebuah pendekatan yang digunakan
mesin pencari untuk memberikan sebuah hasil pencarian rasanya masih kurang.
Jadi mesin pencari juga menggunakan pendekatan popularitas. Premis ini bisa
dipahami dengan sangat mudah. Bayangkan bahwa mesin pencari adalah sebuah
website yang sangat populer atau sangat terpercaya dalam memberikan jawaban.
Dan hal tersebut sudah dikenal sejak beberapa tahun yang lalu.
Namun, pertanyaannya sekarang adalah bagaimana membuat
website ataupun blog populer dimata mesin pencari? Hal yang mungkin adalah
dengan mendapatkan pilihan (Vote). Dan sekarang mungkin anda akan bertanya
kepada saya lagi, bagaimana carana mendapatkan voting untuk blog saya? Dan bagaimana
bentuk dari voting tersebut sebenarnya?
Jawabannya adalah sangat simple sekali, dengan mendapatkan
link. Namun link yang kita dapatkan dari website ataupun blog lain. Dan cara
termudahnya adalah dengan mencari link sebanyak-banyaknya dari blog yang sudah
populer sebelumnya (Biasanya yang mempunyai PR tinggi).
Mengapa Kita Memerlukan SEO?
Sekarang setelah kita sudah memahami bagaimana mesin pencari
itu bekerja, sekarang barulah kita akan membahas mengapa kita membutuhkan SEO.
Mungkin anda akan bertanya kepada saya "Kenapa kita masih membutuhkan SEO,
bukankah saat ini mesin pencari sudah begitu pintar untuk melakukan
pekerjaannya sendiri?" Dan mengapa sih kita harus membuat sebuah situs
yang search engine friendly untuk terlihat di hasil pencarian dari mesin
pencari?
0 komentar:
Posting Komentar