Jumat, 29 Maret 2013

Tips Jantung Sehat

Posted by Unknown On 20.26 No comments

Tips+Jantung+Sehat
Semua orang tahu bahwa Jantung adalah sebuah rongga organ berotot yang memompa darah ke pembuluh darah dengan berirama yang berulang. Istilah kardiak berarti berhubungan dengan jantung, dari kata Yunani cardia untuk jantung. Jantung adalah salah satu organ manusia yang berperan penting dalam sistem peredaran darah.

Tapi apakah semua orang tahu cara merawat jantung agar sehat? topik bahasan kali ini tentang kesehatan, yaitu kesehatan Jantung.

1. Jangan terlalu banyak konsumsi makanan berlemak
Lemak jenuh mudah diubah menjadi “kolesterol jahat” yang berisiko menimbulkan penyakit jantung koroner. Anda harus mencermatinya. Kulit unggas, daging merah/ sandung-lamur dan susu murni mengandung banyak lemak jenuh. Perbanyak makan laut yang kaya omega-3, sayur dan buah-buahan yang kaya akan serat dan vitamin. untuk minum susu, pilih susu yang rendah lemak.




2. Kurangi porsi garam. 
Bila Anda memiliki tekanan darah tinggi, waspadai makanan yang mengandung terlalu banyak garam. 

3. Sering
berolahraga
Pilih naik tangga dibandingkan naik lift. Parkir kendaraan Anda lebih jauh agar Anda dapat berjalan kaki lebih lama 

4. Berat badan. 
Jaga berat badan Anda agar tidak kegemukan. Bila Anda saat ini kegemukan, ikuti program yang secara bertahap yang dapat menurunkan berat badan Anda.

5. Mendengar musik
Apabila biasanya musik biasanya hanya untuk hiburan, kali ini Musik bisa untuk melonggarkan pembuluh darah Anda. Kurang lebih mendengarkan 15 menit sehari musik "berirama homogen" (dengan beat yang kuat), dikombinasikan dengan latihan pernapasan, dapat menurunkan tekanan darah sistolik lebih dari 4 poin setelah 3 bulan, menurut sebuah penelitian di Italia.

Randall Zusman, MD, direktur divisi hipertensi di pusat jantung Massachusetts General Hospital mengungkapkan, menghirup dan menghembuskan napas secara perlahan 1-2 kali sambil mendengarkan musik (irama lambat), akan membuat rileks pembuluh darah Anda.

6. Berhubungan seks untuk yang sudah menikah
Untuk menjaga aliran darah tetap lancar, dianjurkan untuk melakukan hubungan seks minimal 2-3 kali seminggu. Studi terbaru dari New England Research Institute menunjukkan, pria yang melakukan anjuran tersebut memiliki kesempatan 65 persen lebih kecil terkena penyakit kardiovaskular, ketimbang mereka yang berhubungan seks kurang dari sekali dalam sebulan. Seks juga bisa menjadi latihan besar untuk membakar 60 kalori per setengah jam di tempat tidur.

7. Jangan Merokok 
Merokok tidak baik untuk kesehatan, selain merusak paru-paru, rokok juga akan menimbulkan kerusakan sistem pada kerja jantung.

8. Refreshing
Selain membuat fikiran tenang, bertamasya juga bisa membuat fresh jantung kita.

9. Jangan berlebihan minum alkohol.
Ada yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi alkohol bisa membuat jantung lebih sehat, tapi pakar kesehatan indonsia menyatakan bahwa alkohol bisa merusak organ-organ dalam tubuh manusia, termasuk jantung.

Milikilah jantung yang sehat, agar kita bisa menikmati masa tua dengan sehat dan bahagia pula, sekian dari kami, dan sampai bertemu lagi.

0 komentar:

Posting Komentar

Site search

    Back Link

    Followers